Home » » Wow Telat Dibagikan, Bantuan Alsintan Ditumbuhi Rumput Ilalang

Wow Telat Dibagikan, Bantuan Alsintan Ditumbuhi Rumput Ilalang

Written By Boyolalikita on Rabu, 22 Februari 2017 | 21.17.00

Petani di Boyolali mendapat bantuan alat mesin pertanian dari Kementerian Pertanian yang diserahkan pada Rabu (22/2/2017). Meski demikian, ada keheranan para petani sebab alsintan tersebut sebenarnya adalah bantuan yang semestinya sudah lama diberikan sejak lama.
Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Boyolali, Bambang Purwadi menjelaskan, bantuan alsintan tersebut adalah bantuan dari pusat dan berasal dari APBN 2016. Secara keseluruhan, petani di Boyolali sendiri mendapat alokasi sebanyak 110 traktor roda dua, sembilanbtraktor roda empat, 40 transplanter dan 101 pompa air.

“Alsintan tersebut didistribusikan secara bertahap kepada para kelompok tani yang ada di Boyolali,” katanya.
Sebelum didistribusikan ke petani, puluhan alsintan tersebut dijetahui sudah berada cukup lama berada di halaman kantor Dishub Boyolali. Bahkan tumbuhan ilalang pun sempat tumbuh tinggi di tempat alsintan berada. Ada kemungkinan alsintan tersebut tak pernah dirawat sebelum didistribusikan ke petani.
Tahap pertama bantuan alsintan sendiri sebelumnya sudah dibagikan Wakil Bupati Boyolali, Said Hidayat, pada September 2016 lalu. Saat itu, wabup berpesan agar bantuan alsintan tersebut tidak dijual dan dimanfaatkan sepenuhnya untuk meningkatkan produksi pertanian.
Sugito (64), salah satu anggota kelompok tani dari Desa Tanjungsari, Kecamadan Banyudono mengatakan, kelompoknya mendapat bantuan masing-masing satu unit traktir dan transplanter. Hanya saja ia heran, mengapa bantuan tersebut baru diberikan kepada petani dan tak mendapat penjelasan, padahal bantuan tersebut sudah lama turun. Hal itu bisa dilihat dari kondisi tempat alsintan disimpan yang sudah dipenuhi rumput ilalang.
Namun ia mengaku cukup puas mendapatkan bantuan alsintan dari pemerintah yang dinilainya sangat membantu petani dalam mengolah sawah, terutama di minimnya tenaga buruh saat ini.
“Proses pembajakan hingga pemanenan sangat terbantu dengan adanya mesin, sebab buruh tani saat ini cukup lama dab harus antri untuk mendapatkan jasa mereka. Tentu alat ini akan kami manfaatkan sebaik-baiknya,” tandasnya. 
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BOYOLALI KOMUNITAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger